Keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan salah satu peran sebagai Pemberi Pelayanan Kepada Masyarakat sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan oleh berbagai Unit Organisasi/Perangkat Daerah.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam menilai kualitas pelayanan publik adalah dengan melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara langsung. Hal ini dilakukan demi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan. Dan juga untuk mengevaluasin penyelenggaraan pelayanan publik sekaligus sebagai alat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Untuk mewujudkan visi Pelayanan Kelurahan Karang Anyar dan upaya perbaikan kinerja layanan secara berkelanjutan maka Kelurahan Karang Anyar melakukan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan kepada Masyarakat pada tahun 2019.

Survei dilaksanakan di Kantor Kelurahan Karang Anyar terlebih lagi pada saat Warga datang untuk berurusan Pelayanan.  Responden dipilih secara acak yang ditentukan sesuai dengan jenis Pelayanan yang diberikan. Jumlah responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima layanan. Pada Kantor Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda jumlah rata rata penerima pelayanan publik adalah lebih dari 75 orang per bulan (berdasarkan data dari tahun 2017 sampai 2018), sehingga jumlah pengguna layanan yang kami jadikan responden dalam survey adalah 150 orang. Dan dilaksanakan dari Bulan Maret 2019 s/d Desember 2019 (selama Sepuluh bulan) dalam hitungan hari kerja kantor.

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) didapatkan sebagai hasil pengalian antara hasil penjumlahan NRR Tertimbang (sebagaimana hasil pada Tabel 2) dengan nilai dasar 25. Dengan demikian nilai IKM yang diperoleh adalah = 3,29 x 25 (nilai dasar) = 82,16 . Dan berdasarkan table 1Nilai Persepsi, Interval IKM, Interbal Konversi IKM, Mutu Pelayanan dan Kirnerja Pelayanan maka didapatkan hasil penilaian nya adalah A (SANGAT BAIK).

Sehingga kesimpulannya adalah Unsur Pelayanan tertinggi adalah “Waktu Pelayanan”. Setiap Kasi memilki masing-masing staf yang akan bertugas melayani Pelayanan sesuai dengan tupoksinya. Tetapi sifat pelayanan yang diterapkan di Kantor Kelurahan Karang Anyar adalah saling membantu jadi Staf Pelayanan yang lain juga bisa ikut membantu staf pelayanan di bidang lain agar pelayanan berjalan prima dan disamping itu juga menambah ilmu pelayanan di bidang seksi yang ada. Dan sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang Gratifikasi maka Pelayanan di Kantor Kelurahan Karang Anyar juga tidak menerima upah hasil Layanan. Sementara untuk Nilai Unsur terendah dari Pelayanan di Kelurahan Karang Anyar adalah “Kenyamanan dan Keamanan Lingkungan” dengan point 3,23.

 

 

 

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Karang Anyar
ETIKA PELAYANAN PETUGAS PELAKSANA KELURAHAN KARANG ANYAR :
1. Santun dan Ramah
2. Cermat, Professional dan Tidak Mempersulit
3. Adil dan Tidak Diskriminatif serta loyal pada Kewajiban
4. Legal Administratif dan tidak menyimpang dari Prosedur
5. Tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatan
6. Memberikan Pelayanan terbaik pada Masyarakat