Sehubungan dengan semakin meningkatnya kasus “DEMAM BERDARAH” selama musim hujan di kota Samarinda, kami himbau kepada seluruh masyarakat di kota Samarinda khususnya warga Kelurahan Karang Anyar agar senantiasa dapat mewaspadai terhadap timbulnya penyakit DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD), hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, Dengan melakukan tindakan sebagai berikut :

A.      Mengaktifkan kembali kegiatan 4 (empat) M Plus yaitu :

1.      Menguras tempat penyimpanan air.

2.      Menutup rapat tempat penyimpanan air.

3.      Menguburkan barang bekas yang memungkinkan air tergenang.

4.      Memantau semua wadah yang dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

B.      Plus

1.      Tidur memakai kelambu.

2.      Menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam kamar.

3.      Menggunakan alat pelindung diri antara lain :

-       Baju lengan panjang.

-       Obat anti nyamuk/ lotion nyamuk yang dapat mencegah dari gigitan nyamuk.

 

      Jika ada anggota keluarga terkena gejala sebagai berikut :

1.      Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari.

2.      Tampak bintik-bintik merah pada kulit.

3.      Kadang-kadang terjadi pendarahan hidung ( mimisan).

4.      Mungkin terjadi muntah atau buang air besar mengeluarkan darah.

5.      Sering terasa nyeri di ulu hati.

6.      Bila sudah parah penderita gelisah, tangan dan kaki terasa dingin.

 

      “SEGERA BAWA PENDERITA KE DOKTER / PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT TERDEKAT”

 

Demikian himbauan ini kami sampaikan, untuk menjadi perhatian kita semua khususnya untuk seluruh ketua RT agar dapat melaksanakan kegiatan Gotong Royong  di wilayah RT masing masing dengan cara 4 M Plus, agar masyarakat dapat terhindar dari tertularnya penyakit Demam Berdarah tersebut.

 

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

 

PESAN INI DISAMPAIKAN OLEH :

                                                                                          KELURAHAN KARANG ANYAR

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Karang Anyar
ETIKA PELAYANAN PETUGAS PELAKSANA KELURAHAN KARANG ANYAR :
1. Santun dan Ramah
2. Cermat, Professional dan Tidak Mempersulit
3. Adil dan Tidak Diskriminatif serta loyal pada Kewajiban
4. Legal Administratif dan tidak menyimpang dari Prosedur
5. Tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatan
6. Memberikan Pelayanan terbaik pada Masyarakat